Topeng

tapi buka dulu topengmu…

penggalan lagunya peterpan berjudul “Topeng”. masi ingat ga? aku udah ga inget se, inget bagian itunya aja, hahahah.
ya, intermezo aja. topeng itu kayak gimana sih? yang biasanya dijual-jual di pinggir jalan itu topeng ksatria baja hitam kan ya? tapi kok kayaknya uda jarang liat… oh, ada juga topeng gorila. keren tuh, pengen punya. hahaha :))

trus? ada apa dengan topeng-topeng itu?…

jadi, yang pingin aku bilang disini,
kita hidup bertopeng. entah itu dalam bentuk nyata ataupun ‘topeng’. tapi yang jelas kita sering sekali, tanpa sadar ataupun sadar, kita memakai ‘topeng’ kita. untuk yang kerjanya memakai topeng seperti misalnya badut, berarti dia benar-benar memakai topeng dobel. hwhwhw

tau ‘topeng’ apa? berkacalah di kamarmu. kamu sedang melihat mukamu tanpa topeng. perhatikan guratan-guratannya… lekuk-lekuknya… apapun yang terbentuk, itu mungkin akibat dari ‘topeng’mu. maka rapikanlah mukamu. meskipun kau tak akan memasang muka itu di hadapan teman-temanmu, orang tuamu, atau orang-orang lainnya. kecuali ‘topeng’mu terkelupas.

ah, ini semua memang tak mudah. tapi memang begini adanya. sedikit banyak, pasti jika ditelusuri, kau juga menginginkan hal itu terjadi. lalu berakibat itu? entahlah, kau siap-siap ‘topeng’mu saja. kecuali kau ingin agar mudah dikenali dan ditebak oleh sekitarmu.

kamu membuka ‘topeng’mu? ah, tentu saja itu terserah kamu. tapi tentu saja, sebagaimanapun juga, kamu ga akan membuka ‘topeng’mu sampai terdalam, sampai terlihat mukamu seutuhnya. semoga saja ‘topeng’ mukamu yang kau buka untuknya tidak memberikan efek buruk, tapi justru membenahi muka aslimu dan kau tak memerlukan ‘topeng’ yang berlebihan untuk dipakai.

yang paling tahu muka paling muka di balik ‘topeng-topeng’mu? tentu saja kau, cermin kamarmu, dan Tuhan. kau beritahu mereka tentang mukamu? sudah kubilang tadi. baca lagi ini dari atas. tak akan mungkin mereka tahu seutuhnya.

semoga ‘topeng’mu bagus, indah, dan menyenangkan. kau tentu tak ingin terlihat begitu buruk di mata orang-orang kan?

pakai ‘topeng’ terbaikmu. aku pun memakai ‘topeng’ku juga. *)

ciao .mawan d’marvellou.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s