The Damned United

“They love me for what I’m not… …they hate me for what I am.”

ini film biografi dari Brian Clough, mantan pelatih Derby County dan Leeds United asal Inggris. Pelatih yang dianggap legendaris, namun tak pernah melatih Inggris. Pada film ini, cerita terbagi menjadi 2 waktu, yaitu ketika Brian Clough (diperankan oleh Michael Sheen) masih melatih Derby dan ketika akan melatih Leeds United “The Damned United”. Jadi ada lompat waktunya gitu. Film Biografi, jadi banyak ngocehnya. Tapi ya asik ae —
lanjuuuuutt [spoiler alert!]

Awal mula cerita dia akan diperkenalkan sebagai manajer baru Leeds United menggantikan Don Revie yang menjadi manajer timnas Inggris. Itu bukanlah tugas mudah baginya sebagai suksesor Don, mengingat prestasi Don yang sangat sukses menangani Leeds. Di awal kedatangannya pun dia disambut dingin oleh pemain-pemainnya. Tantangan sangat berat baginya.

Kemudian cerita berputar saat dirinya masih melatih Derby. Dikisahkan saat itu sedang undian Piala FA (koreksi saya kalau salah), Derby mendapat undian melawan Leeds United yang notabene saat itu Derby berada di papan bawah Divisi Dua sedangkan Leeds adalah pemuncak kelasemen Divisi Satu. Brian justru sangat senang mendapat kabar itu. Dia bersemangat menyiapkan pertandingan serta memberi motivasi kepada pemainnya. Apa daya, Derby kalah 3-0.

Mengetahui hasil tersebut, Brian mengevaluasi. beserta asistennya, Peter Taylor, dia mencari bagaimana solusinya. Peter menyarankan untuk membeli seorang pemain yang sudah tua namun dianggap masih punya kemampuan. Dan akhirnya pemain itu berperan besar dalam kebangkitan Derby, beserta kemampuan memotivasi dari Brian, tentunya. Secara ajaib, diceritakan bahwa Derby langsung bangkit dan menjadi juara Divisi Dua :O

Promosi ke Divisi Satu, perjuangan Derby tidaklah mudah. Apalagi mereka bertemu Leeds yang menjadi musuh bebuyutannya. Awal musim, Derby tertatih-tatih dan terjerembab di papan bawah. Berkat penemuan Peter Taylor, Derby merekut pemain yang tepat sehingga mereka bangkit lagi dan akhirnya juara! :OO Namun di sini mulai timbul friksi antara Brian dengan Pemilik Klub.

Musim kedua Derby di Divisi Satu ternyata Derby menjadi ga karuan. Kekalahan demi kekalahan, ditambah pertengkaran Brian dengan pemilik klub, akhirnya Brian dipecat oleh Derby. Sungguh ironis.

Brian dipecat. Kemudian asistennya Peter Taylor memberitahunya bahwa ada tawaran dari Brighton yang berada di Divisi Tiga. Brian akhirnya bersedia melatih di sana karena Brighton menyetujui permintaan gaji Brian. Namun belum sempat melatih, Brian tiba-tiba ditawar oleh Leeds United untuk menggantikan Don Ravie. Brian yang sangat tertarik akhirnya membatalkan kontrak dan melatih Leeds namun Peter tak ikut serta. Dia lebih memilih menghormati kontrak dengan Brighton. Di sinilah awal keterpurukan Brian di Leeds dimulai.

Bermula dari para pemain Leeds yang sama sekali tidak respek terhadapnya, selalu membanding-bandingkannya dengan Don, kegagalan membentuk strategi yang berujung kekalahan demi kekalahan, akhirnya umur Brian tak bertahan lama. Dia dipecat. Lalu dia kembali ke Peter Taylor, berlutut di depannya, meminta maaf. Akhirnya keduanya bersahabat lagi, dan setelah itu diceritakan bahwa selanjutnya mereka menuai kesuksesan demi kesuksesan.

Komentar saya sih… menarik, hanya saja kurang jelas apa yang hendak ditonjolkan. Saya tidak melihat sosok Brian sebagai manajer hebat, hanya bagian terakhir saja yang menyebutkan bahwa Brian akhirnya menuai kesuksesan. Sebelum-sebelumnya lebih banyak memuat tentang kegagalannya. Dan juga saya melihat bahwa Brian tidak ada apa-apanya jika tanpa Peter Taylor. Saya jadinya kurang begitu puas. Namun, untuk sekedar film tentang sosok di bidang pesepakbolaan, ini tidaklah terlalu buruk. Overall: 5/10 lah :p

nb: banyak cerita yang tidak sesuai dengan kenyataan sejarahnya. Jangan salahkan saya. Saya menceritakan yang ada di film. Selebihnya itu bantuan Wikipedia dan IMDb.

ciao .mawan d’marvellou.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s