WordPress

wordpress-plugins1

sumber gambar di sini

Halo guys. Belakangan ini saya lagi iseng. Iseng utak atik blog. Hal ini bermula dari idenya Katri tentang pembuatan blog ASUI (Arek Suroboyo UI, paguyuban anak surabaya di UI). Berawal dari idenya yang disampaikan ke saya, kemudian disampaikan ke grup FB, kemudian mendapat respon positif. Bahkan, tak lama setelah penyampaian ide tersebut, Pak Jaya, salah satu anggota suenior dan wong penting ASUI, langsung membuat websitenya beralamat http://www.areksuroboyoui.com. Jujur saya kaget dan heran, mengapa bisa langsung punya website secepat itu. Tapi kemudian saya menyimpulkan bahwa Pak Jaya pasti sudah punya domain dan hosting sendiri. Tapi setelah saya telusuri dikit, sepertinya saya sedikit salah. Ketika saya salah memasukkan alamat login admin blog itu, tiba-tiba situsnya ter-redirect ke 000webhost.com. Saya menyimpulkan bahwa blog ini hosting di sini, namun memiliki domain .com sendiri. Koreksi saya kalo ada yang salah lho ya. Saya ga begitu ahli dalam hal beginian –”

Setelah liat-liat dashboard, entah setan atau malaikat atau jin atau makhluk apa yang membisikkan pada saya, tiba-tiba saya pengen nyoba buat wordpress pake hostingan sendiri. Sebelumnya ga ada bayangan nih kayak apa self-hosted wordpress. Taunya cuma bisa pake plugin-plugin wordpress macem-macem yang ga bisa dipake oleh blogger wordpress biasa kayak shoutbox (ini paling ngeselin banget. Masa user wordpress biasa ga boleh pasang shoutbox?? ga asik banget! ><). Kemudian saya coba-coba nyari di mbah google gimana tutorialnya. Akhirnya dapet beberapa, salah satunya di sini. Jadi, pertama kudu punya akun di 000webhost.com. beruntung dulu dah pernah iseng buat, jadinya tinggal make. apalagi kalo buat baru itu nunggu verifikasinya lama, sampe beberapa hari. Lumayan bikin galau tuh (?). Setelah itu, lakukan langkah sana sini, dan…. Lumayanlah. Tapi alamat situsnya masih jelek, soalnya pake domain yang dikasih 000webhost.com dan saya memakai nama yang geje: http://dabtetz.net23.net/wordpress/. Abaikan saja namanya, ga bermakna kok itu –“. Monggo diintip. Hampir sama persis sama situs ini kok.

Setelah coba edit sana sini, dikit-dikit, dah lumayan menikmati lah. Eh kayaknya jadi keasikan neh. Sampe-sampe nyari domain gratisan yang enak alamatnya. Ada tuh .co.cc, tapi seluruh site .co.cc dah di-deindex Google (kira-kira artinya dihapus dalam daftar, cmiiw) dan juga terdeteksi sebagai situs berbahaya oleh ESET Antivirus –“. Padahal itu sudah yang paling enak lho namanya. Ga aneh-aneh. Ada lagai .tk, cuma ini rada ribet daftarnya. Loading mulu. Akhirnya nyari-nyari, ketemu .uni.cc ama .cx.cc yang bisa dibuat jadi domain dan (sepertinya) tidak di-deindex Google. Kayaknya ga rugi-rugi banget di-deindex sama Google, paling parah ya ga bisa promosi via search engine. Tapi kalo emang pinter-pinter promosi kan pasti juga terkenal. Tapi ya itu, susah. Banget. –___-

Trus, kemudian saya tersadar. Kenapa tiba-tiba saya semangat banget? Apa mau diseriusin? Yakin? Lalu saya memikirkan beberapa hal. Kalau misalnya saya pindah blog ke self-hosted wordpress, apa nanti saya masih bisa posting via hape dan Windows Live Writer? Ternyata via hape masih bisa, ada pilihan menunya, tapi belom saya coba. Untuk Windows Live Writer saya belom ngecek malah. Kemudian pertanyaan lain, apa mau nyusun dari awal lagi? Melihat beberapa widgetnya hilang dan untuk mencarinya kembali harus lewat plugin search. Untuk sekedar widget Top Post saja harus mencari dahulu. Ga terlalu ribet sih, cuma ya, kurang memadai saja –“. Dan lagi, apakah saya yakin pindah blog ke blog yang alamatnya lebih jelek? Kan kasihan teman-teman yang sudah mencantumkan saya di Blogroll mereka (makasih ya teman-teman :D). Saya dulu udah pindah blog, masih mau pindah lagi. Ntar kasihan pembaca yang masih mengklik link blog saya yang lama (http://tengahbelakangkiri.blogspot.com) dan mengira saya sudah tamat ._. Jadinya, daripada pindah-pindah blog dan alamatnya jelek, mending saya pake .wordpress.com ini terus aja, sampe saya punya .com sendiri :D. Hahaha. Btw ini mimpi saya lho, punya situs .com sendiri. Simpel ya? –a

Jadi intinya, kita tetap akan nongkrong di sini! Horreeeeeeeeey! *letusin mercon* *nyalain kembang api* *lempar elpiji 3 kg #eh*

😀

*Ini sebenarnya bukan hal yang penting-penting banget. Ga urgent juga. Tapi entah kenapa saya seperti ‘terdistraksi’ jadinya ngebet ngelakuinnya. Dasar manusia! ></*

Advertisements

5 thoughts on “WordPress

  1. saya, setelah hampir 6 taon ngeblog, hiks…akhirnya punya nama dotcom sendiri… itu juga dibayarin dan diurusin suami sih, hiks…. dan BAYARNYA MURAH, hahaha…. delapanpuluhlimaribu saja, mas’e…. rumahweb.id kalo gak salah nama bakul hosting’e.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s