You Are The Apple Of My Eye

Poster film “You Are The Apple Of My Eye”

Judul film:
– Bahasa Inggris: You Are The Apple Of My Eye
– Bahasa Mandarin: Na Xie Nian, Wo Men Yi Qi Zhui De Nu Hai (Arti bahasa Indonesia: Gadis yang Kita Kejar Selama Beberapa Tahun Ini
Sutradara: Giddens Ko
Rilis: 2011
Durasi: 110 menit

Pertama kali tahu film You Are The Apple Of My Eye dari Yudis. Katanya, “Nontono, Wan! Inspiratif iki!” (Nontonlah, Wan! Film ini inspiratif!)

Kemudian diberitau lagi sama Zico. Katanya, “Kon mari ndelok iki, bingung kate lapo. Kate seneng, sedih, ngguyu, wes bingung pokoke.” (Kamu abis liat film ini bakal bingung. Mau senang, sedih, ketawa, bingung lah pokoknya.)

Berbekal dua omongan teman itu, ditambah spoiler sedikit yang ditunjukkan Yudis tentang bagian yang “lucu”, aku menonton film ini. Ga pake nyari resensi di internet ataupun tanya teman atau twitter. Menontonlah saya. Dan…

Dan aku pun menonton film ini. Dan film pun mengalir. Dan film selesai. Dan aku…

Kisah film ini dimulai dengan 2 pria yang menyuruh temannya untuk segera berangkat ke pernikahan. Kemudian penonton dibawa flashback ke masa remaja sang tokoh utama, Ko Ching-Teng (diperankan oleh Ko Cheng-Tung) atau panggilannya Ko-Teng. Ko Ching-Teng saat itu adalah pelajar SMA di suatu SMA di Taiwan dan bersahabat dengan Hsu Bo-Chun, si tukang ******* (censored), A-Ho, Lao-Tsao, Liao Ying-Hung alias Liao Gai-Bi. Ko-Teng dan teman-temannya merupakan murid badung (banget) sehingga nilai-nilainya ga karuan. Semua sahabat Ko-Teng menyukai dan berusaha mengejar murid terpintar di kelas, yaitu Shen Chia-Yi (Michelle Chen). Ko-Teng sendiri tidak terlalu tertarik pada Shen Chia-Yi. Hingga pada akhirnya, kenakalan Ko-Teng dan teman-temannya membuat Ko-Teng “berkenalan” dengan Shen Chia-Yi walau mulanya sikap di antara mereka saling judes.

The Gang

Hingga pada suatu hari, Ko-Teng, entah mengapa, menolong Shen Chia-Yi di saat dia memiliki kesempatan untuk menjahilinya. Shen Chia-Yi yang tidak paham mengapa Ko-Teng menolongnya, berusaha untuk berterima kasih dengan mengajarkannya pelajaran agar nilainya membaik. Dari sini lah, hubungan antara Ko Ching-Teng dan Shen Chia-Yi mulai tumbuh dan… unyu lah :’3

Shen Chia-Yi vs Ko Chin-Teng

Dari sini banyak konflik yang terjadi di antara mereka, juga melibatkan teman-teman mereka, hingga pada akhirnya… penonton dibawa kembali pada acara pernikahan yang disebutkan di awal. Bagaimana ujung dari usaha teman-teman Ko Ching-Teng mengejar Shen Chia-Yi? Atau malah ada apa-apa antara Ko Ching-Teng dan Shen Chia-Yi? Jawabannya lihat saja filmnya yaaaa. Di Youtube ada yang upload filmnya full kok.

Poster Film (2) “You Are The Apple Of My Eye”

Cerita yang ditawarkan You Are The Apple Of My Eye ini sederhana, ringan, mirip dengan kenyataan. Apalagi film ini merupakan adaptasi dari novel best seller karya sang sutradara, Giddens, yang (konon) merupakan kisah hidupnya! Benar-benar ringan, mengalir, romantis(?), dan… bagussss :””””””””

Hanya saja, film ini lebih cocok ditonton cowok dewasa, minimal usia 17 tahun lah. Hal ini karena pada film ini terkandung material yang… errr… kurang sopan. Jadi buat cewek kalo mau liat film ini juga, sebaiknya… tidak menonton, atau menonton bersama kakak, ayah, suami, atau pacar, atau bisa juga menonton yang versi censored (katanya ada sih).

Menurutku, film ini benar-benar……… menguras jiwa dan raga :””””. Alur filmnya kayak rollercoaster. Tiba-tiba naik, turun, belok, dan bergeronjal(?). Di akhir film ini, anda akan mendapatkan ending yang benar-benar… “Inspiratif” seperti kata Yudis, juga “bikin bengong” seperti kata Zico. Dan yang paling penting, film ini benar-benar menguras… >< :”””””””. Film ini pun juga menjadi kontroversi setelah ramai dibicarakan di antara teman-teman karena ada salah seorang teman yang menontonnya berulang-ulang kali (siapa ya… :-” ).

Dari film ini aku mengenal pemeran Shen Chia-Yi, yaitu Michelle Chen. Pada awal-awal sih dia ga terlalu memikat. Tapi setelah itu… tiba-tiba dia begitu memikat… :””””” ._____.v

Dari film ini aku mendapat beberapa pesan, seperti bahwa kisah-kisah di SMA itu ngangenin, apalagi kalo soal jahil-jahilnya hehehe wajarlah anak labil :P. Dan juga, aku mendapat pesan bahwa tidak mustahil orang mendapat motivasi dari orang lain, maksudnya demi orang lain (if you know what I mean). Apa lagi ya? Oh, bahwa bersaing secara sehat dengan sahabat sendiri untuk menggaet cewek itu bisa aja (walaupun…).

Ini beberapa quote yang aku ambil dari film ini.

Ini quote dari Shen Chia-Yi sesaat setelah dia memberikan tugas pada Ko Ching-Teng namun Ko-Teng mengejeknya bahwa Shen Chia-Yi meremehkannya.

Yang aku pandang rendah bukan orang yang nilainya jelek. Yang aku pandang rendah adalah orang yang sendirinya tidak mau belajar giat tetapi memandang rendah orang yang belajar giat.

Ini quote ketika Ko Ching-Teng menerima nilai ujian yang bagus dan bergaya sok terhadap Shen Chia-Yi.

Sebetulnya, apalah hebatnya bisa mengerjakan ini. Aku berani bertaruh, 10 tahun lagi, walaupun aku tidak tahu apa itu ‘Log’, aku masih bisa hidup baik-baik.

Masih ada banyak lagi kata-kata bagus di film ini, terutama di endingnya. Tapi nonton sendiri ajaaa. Kalo udah nonton pasti tau sendiri betapa nyessssnyaaaa :”””””.

Btw, Michelle Chen itu umurnya 29 tahun lho. Dan dia berakting menjadi anak SMA dan kuliahan dengan wajah yang tidak keliatan tua. Benar-benar…… keweeeeeeeennn :’O :’O :’O.

Shen Chia-Yi

Ngga ngerti lagi kan? Yaudah buruan nonton kalo belum nonton dan kalo udah… selamat yahhh…. :””””)

Happy… watching! ;,)

oh ya, film ini WAJIB DITONTON!!!!

Terakhir! Quote paling penting! Cari sendiri artinya dan artinya :p.

…Nǐ yǒngyuǎn shì wǒ de yǎn de píngguǒ…

 

Sumber quote: Subtitle film. Kesalahan grammar atau makna yang kurang jelas bukan tanggung jawab saya ._.

Sumber gambar

48 thoughts on “You Are The Apple Of My Eye

  1. kokochan says:

    wah apaan yah itu artinya quote yang terakhir..aku ga tau..uda ku cari masih belum nemu..kasih tau dunk

    • di google translate aja sih hehe
      artinya itu ya judul filmnya, “You Are The Apple Of My Eye”

      terima kasih sudah mampir dan memberi komentar 😀

  2. Udah nonton film ini sih, dan coba2 search beberapa tulisan / artikel eh nemu blog ini..

    sungguh betul apa kata tulisan penulis tentang film ini
    loe bakal ngakak, galau, nyelekit, senyum pahit, bahagia, pokoknya elo gak ngerti apaan deh
    gw udh 3 hari galau setiap dengerin ostnya, emang parah si giddens ko buat ni film
    tapi sayang gak booming disini, dan gw pun telat banget nonton baru 4 hari lalu

    so, yg belom nonton, nonton deh dijamin elo bakal kayak gw ama yg nulis ni blog

    • terima kasih atas reviewnya 😀 berarti emang bukan saya aja yang “ga beres” abis nonton film ini. tapi anda juga :””” *tos*
      filmnya kurang booming emang sih, ga masuk 21/blitz sih 😦 pemberitaan di tv juga ga pernah ada 😦

      terima kasih sudah mampir dan memberi komentar 😀

  3. bryan dandi saputra says:

    Saya udah nonton , filim ini bener-bener bikin galau apalagi ending nya
    Pokoknya ngga nyesel deh nonton film ini
    Buat yang udah nonton selamat bergalau ria ya 😛 🙂 hehe

  4. kokochan says:

    Wah, hebat ya, film ini membuat galau yg nonton…hahaha
    Saya juga sempet galau sih, tp cuma bbrp hari,
    Sampe ditanya temen “kamu kenapa, galau ta?” Nah ni jawabnya bingung, kalau jawab iya, pasti ditanya gara2 apa, masa jawab gara2 film, pasti dibilang aneh hahaha,

    Lagu2nya juga enak poll..

    Kliatannya yg nulis blog ini, lupa sama blognya, ga pernah menjawab pertanyaan ttg arti kata-kata terakhirnya…

    Hmmm

    • Michelle Chen emang cantiknya ampe masuk ke dalam mimpi… ga ngerti lagi… wkwkwk *lho?*

      terima kasih sudah mampir dan memberi komentar 😀

  5. thrias says:

    Film ini aku tonton terus tyap minggu
    bikin binggung sampe akhirnya aku mengerti klo film ini “bittersweet memory” kenangan pdkt yg manis untuk di ingat namun pada akhirnya pahit

    • wow tiap minggu :O kenapa ngga tiap hari aja? hahaha *ketawa sambil galau*
      pada akhirnya kenangan itu akan tetap dikenang menjadi bagian dari hidup yang tak terlupa dan menjadi pelajaran untuk ke depannya 😀

      terima kasih sudah mampir dan memberi komentar 😀

  6. priska says:

    sampe skrg saya masih nggak ngerti , kenapa film ini diberi judul you are the apple of my eye

  7. bnr tuh film nya bikin galau perasaan campur aduk tapi seru bgt ini film..hehe ganyesel nonton ini film

    oya gan di akhir film ada tulisan putih apa ya artinya gag ngerti hehe

  8. andy says:

    Gan , you are the apple of my eye dalam bentuk novelnya ada dijual di indo ga kira” ? Ane pengen beli nih. Yang mandarin tulisannya jg gapapa. Huakakakaka

  9. Keren nih Film . saya sudah nonton ..
    endingnya bagus, kombinasi antara realita pahit, kebahagian, dan kedewasaan
    rekomended deh
    rate 8.5/10

    pokoknya buat Shen Chia-Yi “Wo Xihuan Ni” lah sampe tumpeh tumpeh
    hahahahahaha

  10. Yap, emang fill ini semi-autobiografi.. jadi based dri kisah si sutradara.. tpi adegan mencium mempelai pria(spoiler) tdk pernah dia lakuin.. tpi emg bener si pengantin pria kasih syarat gitu.. emg keren lah film ini.. 😀
    tpi film ini dapat penghargaan loh di taiwan sana.. mungkin gak booming disini gara2 nudity scene-nya XD

  11. VaNn says:

    Mntapp bro,artikel lu kok sma kyak pmikiran gw yaa dri nntonnya brulang-ulang bkin ktawa ending ngbingunin hahaha
    Mantap dahh buat ne film ane nnton nya udah lbih dr 10 kali hahaha

  12. udah nonoton ni filem dari beberapa bulan lalu,dan rencana gue mau bikin versi INDONESIANYA, yg gue mau ubah dri filem ini itu ENDINGNYA, gue ngga rela liat Ko Ching-Teng ngga bersama Shen Chia-Yi….
    hahahahahah………

  13. reza says:

    Setiap kali denger OST neh pelem bikin nyesseekk -_-

    Gw selalu inget masa2 SMA -_-

    Nton neh pilem bner2 bkin nyesseekk gara2 Ko-Theng gagal dapetin si cweg itu (ahh lupa namanya)

    Gw suka Qoute si ko-theng saat pengantin perempuan keluar bersama pengantin lelaki dari dalam ruangan 🙂

    • Dito FA says:

      sebenernya shen cia yi ama ko teng sama2 suka,tpi ko tengnya ingin kalo shen cia yi harus menyukai ko teng

  14. bakajutsu says:

    stelah ucapan terimakasih utk para sponsor di akhir nya ada lagi tuh kata2 dalam huruf mandarin, lumayan panjang, ada yg tau artinya???

  15. Yevi erryantika says:

    Udah setahon punya pelem ini , tapi baru tau saya kalo ini diankat dr ksah nyata… Jadi pengen nanya saya sma orangnya , apa bener kalo dirumah emank kaya gitu….,?? ya anda tau lach apa yang saya maksut … Terimakasih postingannya. 🙂 kalo misal anda tau , mohon balaz.

  16. abdul rajib says:

    Gegara nifilm tiap hr gua dgrin ost nya gan. 2 hr saja ane udah nonton 4kali gan. Ahaha, “aku pikir aku org yg percaya diri, tapi saat itu aku baru sadar kalau di hadapan wanita yg aku suka,aku adalah seorang PENGECUT” Quote YATAOME

  17. Aziziyah Sekar Wahyuningsih says:

    Kapan2 bahas ost you are the apple of my eye dong. Ost nya keren2 (y)

  18. Dito FA says:

    Apakah kalian sadar saat foto pas dinikahan si shen cia yi?ternyata saat foto ada anggota aslinya.coba kalian lihat lagi

  19. widho says:

    wahhhhh…ternyata saya termsuk orng yg telak nonton film keren ini >.<
    kocak,sedih,kesel,nusuk hati bangt pokoknya nih filmm………sampe nyari ost n muter filmnya berulang-ulang kali…..hahaha
    SUGOI lah buat ni film 😉

Leave a Reply

