Japan Heroes United

Jumat hingga Minggu, 6-8 Juni 2014 kemarin ada event Japan Heroes United, yaitu ajang pameran, shows, dan “kumpul-kumpul” penggemar dan pecinta para Hero asal Jepang. Well, saya sendiri bukan penggemar berat hero-hero asal Jepang, namun tahu beberapa, seperti Kamen Rider (ngga hafal ada Kamen Rider apa aja), ultraman (tau beberapa nama, dah lupa muka-mukanya), dan power rangers (kayaknya lebih tau power rangers amrik dari pada power rangers jepang) *btw dikomentarin semua -,-*. Namun berhubung saya habis menjalankan semester yang “hebat” dan berat, saya ingin melepas lelah dengan jalan-jalan. Apalagi setelah melihat rundown acara yang di-posting oleh @JakToysFair, ternyata bakal ada penampilan dari cosplayer para hero. Wah pasti bakal seru. Akhirnya saya memutuskan datang pada hari kedua alias hari Sabtu, 7 Juni 2014.

Setelah di pagi harinya ada asistensi mata kuliah yang akan UAS (oh ya ceritanya ini di tengah minggu UAS dan saya tinggal satu UAS), kemudian di siang hari ada urusan dikit, barulah sore hari bisa datang ke Japan Heroes United. Acaranya berlangsung di Kuningan City, mal di bilangan Kuningan yang bahkan daerah Kuningan-nya saja saya belum pernah lewat (atau mungkin pernah, waktu nyasar). Berbekal Maps dari Android serta nanya orang, sampailah saya ke Kuningan City. Wah ternyata mall-nya gede dan lapang (ngga sempit, ngga terlalu rame juga). Kalau di Surabaya mungkin seperti mall Grand City *info kurang penting*. Langsung saja saya ke lantai 3, menuju tempat pameran. Hal yang pertama keliatan dari luar adalah stand-stand jualan mainan. Berarti saya ngga salah pameran nih. Masuklah saya ke area pameran.

Begitu masuk di area pameran, saya disambut oleh… bapak penjaga, serta “beliau”.

(foto milik akun twitter yang bersangkutan. Foto ditemukan melalui salah satu tweet-nya @JakToysFair)

Saya nggak tahu beliau siapa, tapi saya tahu bahwa beliau merupakan salah satu anggota Power Rangers, atau kalau di Jepang sebutannya Super Sentai. Beliau nggak hidup, alias cuma manekin dibajuin aja. Tapi tetep aja saya terperangah karena langsung melihat beliau di awal dalam ukuran manusia. Keren. So Wow :O

Dan dia ngga sendiri, ada beberapa karakter lainnya, kalau tidak salah ada yang dari Kamen Rider, Gavan (baca: gaban;”segede gaban”), dan lainnya yang saya tidak tahu. Ini beberapa galeri yang berhasil saya abadikan memakai kamera hape saya. (Fotonya rada ngga jelas, maklum masih gugup terperangah saat itu *ngeles*)

Seukuran manusia !!! Namanya… hmmm ga tau dan lupa nyatet, ahahah.

Gundam dalam bentuk cardboard. Ukurannya kira-kira setinggi anak kecil atau sedada saya.

GABAN!!! SEGEDE GABAN!!! *seukuran manusia kok*

Ada juga galeri lukisan. Lukisannya dijual, tertera harganya. Yang pasti, lukisannya keren-keren!

EVA-01 dari anime Evangelion

Kamen Rider The First

Ultraman

Go Go Power Rangers!

Whoaaa itu udah keren-keren banget tuh. Tak henti-hentinya mulut ini berkata whoaa whoaa *ceileh*. Kemudian saya melihat banyak kotak-kotak kaca yang berisi action figures dari hero, dalam berbagai pose dan berbagai ukuran. Mulai dari Kamen Rider RX, Saint Seiya, Gundam, hingga Mazinger *tau ngga? Saya tau doang sih, ngga tau ceritanya*.

Kamen Rider Black RX

Saint Seiya!

Gundam, Gundam. Gundam!

EVA-01, mulai dari yang lego (yang kiri belakang, yang gede) sampai yang chibi (ukuran kecil)

“Arrggh! Tanganku arrgghh!” Kata Shinji Ikari dari dalam kokpit EVA-01, melihat tangan kirinya tumbuh menjadi tangan kiri EVA-01. *anggep aja ngomong kayak gitu*

Freedom Gundam. Mau dong yang ukuran segitu, buat pajangan meja kosan.

“Hmm… hari ini mau henshin jadi apa ya?”

Tapi buka dulu topengmu~

Kamen Rider….. *ya itulah, kurang tau saya pak namanya. Mohon dimaafkan* Dalam berbagai ukuran dan ada bonekanya juga.

Mazinger

Gozali, eh salah, Godzila! Ada yang chibi juga. Lucu yak.

Keren-keren, kan? Saya bahagia ngeliatnya, meskipun kebanyakan saya ngga “kenal” siapa-siapa aja mereka. Yang penting pameran-pamerannya keren. Lebih kerennya lagi, sesaat setelah saya melihat-lihat pameran mainan, ternyata di stage barusan berakhir penampilan cosplay dari banyak Kamen Rider.

Too much awesomeness in this picture. Sampe-sampe saya ga ada yang kenal satu pun.

Foto bareng adek kecil

Eh ada pahlawan bertopeng nongol. “Super hero” paling super sih yak.

Setelah penampilan dari Kamen Rider, ada penampilan lagi. Awalnya saya ngga ngerti siapa yang nampil, soalnya saya kurang jelas dengar namanya dan tidak familiar bagi saya, yaitu Garuda Digi Borg oleh The Zahat. Ternyata penampilan mereka keren banget dan layak diapresiasi tinggi. Mereka membuat karakter rekaan berupa hero Srikandi, robot Garuda, dan robot Gatotkaca. Suatu ide yang sangat keren, ditambah dengan pembuatan desain kostum yang cukup detail dan beberapa bagiannya bisa gerak sendiri!

Robot Gatot Kaca.. kalo saya tidak salah. cmiiw.

The Zahat

Aksi penampilan mereka kemarin bisa dilihat di sini.

Keren kan yak? Masih ada yang lebih keren *menurut saya sih, hehe*.

Apaan? Oh pahlawan bertopeng… Wait, what? Gundam?

Yoi masbro.. bakal ada penampilan Cosplay Gundam! Ga cuma 1, 3 Gundam seukuran manusia!

Yup. Pada pukul 7 ada penampilan Cosplay Gundam. Saya ga nyangka kalo event pada hari itu menampilkan Gundam, salah satu karakter yang saya tahu dan saya suka, terutama dari seri Gundam Wing, pahlawan masa kecil saya. Beruntungnya saya, datang ketika ada penampilan Gundam serta yang ditampilkan ada Gundam 00, Wing Gundam, dan Deathscythe Gundam! Kereeen! Liat nih penampilan mereka. (NB: penampilan pertama dari Gundam 00 tidak terekam, bukan karena ngga suka, tapi karena ada gangguan teknis saat perekaman)

Keren banget gilaaa!

3 Gundam

“Nak, kamu jangan banyak gerak, katanya mau foto bareng.”

“Aku keren ya? Aku keren ya?” ujar sang Gundam 00.

“Bro Deathscythe, orangnya ketangkep nih. Diapain enaknya?” “Sini gue iris!”

Penampilan Gundam menutup penampilan-penampilan Cosplayer pada hari itu. Pameran masih buka serta stand-stand penjual action figures dan mainan-mainan juga masih buka dan terus menarik perhatian para pengunjung untuk membelinya. Karena saya ga berencana beli dan saya emang bukan penghobi mainan-mainan ini, saya engga beli apa-apa untuk saya tapi beli buat teman saya.

Hari semakin malam, saya semakin lelah, ditambah saya belum tahu jalan pulangnya, membuat saya memutuskan untuk angkat kaki dari pameran itu, serta dari Kuningan City. Alhamdulillah bisa pulang dengan selamat walau di tengah perjalanan tiba-tiba saya melewati Taman Menteng padahal seharusnya tidak. Yasudahlah saya bisa pulang dengan selamat dan hati bahagia. 😀

“Mas robot, kami belum nonton kalian tadi…” “Kemane aje lu? Dah gerah nih gue!!” *percakapan imajiner antara pengunjung dan cosplayer*

 

Leave a Reply

